Total Tayangan Halaman

Selasa, 14 Mei 2013

Posisi Tidur Terbaik Bagi Kesehatan


Info Kesehatan - Tidur yang berkualitas itu merupakan komponen yang mutlak untuk menjaga kesehatan. Dan selain dengan waktu yang harus mencukupi, rupanya postur tubuh ketika tidur pun sangat penting untuk diperhatikan agar mendapatkan manfaat istirahat yang lebih optimal.
Akan tetapi, banyak orang yang tidur tetapi tubuhnya itu merasa kaku dan nyeri pada pagi harinya. Dan beberapa yang lainnya pun bahkan tidak bisa tidur nyenyak sepanjang malam dan sering terbangun, itu dikarenakan nyeri pada punggung dan leher yang intens akibat dari kesalahan posisi tidur.
Dan selain hanya itu, kelainan tulang belakang pun dapat mengganggu dari fungsi saraf dalam tubuh hingga bisa menyebabkan lambatnya akan penyembuhan terhadap nyeri pada punggung, malfungsi organ dan tantangan sistem kekebalan pada tubuh.

Beberapa posisi tidur yang harus di hindari agar postur tubuh tidak terganggu ketika tidur, diantaranya :

1. Tidur dengan bantal yang terlalu besar
Dalam hal tidur seperti ini dapat menyebabkan hyperflexion dan uluran leher, dan juga dapat menyebabkan deformitas plastik yang mengakibatkan postur kepala agak maju. Hal ini sangat berbahaya dikarenakan postur kepala ke depan telah terbukti menurunkan kapasitas paru-paru, mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan sel-sel pada tubuh. Hal itu dapat mengakibatkan penyakit asma, sleep apneadan penyakit kardiovaskular. Selain itu, dapat mempengaruhi sistem pada pencernaan yang mengarah ke sembelit, mencegah penyerapan nutrisi, dan sindrom iritasi usus besar.
2. Tidur Tengkurap 
Tidur tengkurap ini membuat anda harus memalingkan wajah ke salah satu sisi yang dapat menyebabkan respon peregangan panjang pada ligamen dan dapat menyebabkan deformitas ligamen plastik dan dapat mengakibatkan kerusakan pada tulang belakang.

Berikut ini adalah posisi tidur yang bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya :

1. Tidur dengan posisi miring 
Telah terbukti beberapa orang merasa lebih nyaman ketika tidur dengan posisi miring dengan pinggul dan lutut tertekuk sekitar 45 derajat. Untuk itu anda sangat membutuhkan bantal di bawah leher yang membuat tingkat kepala dan wajah dalam posisi yang netral. Dan jika bantal itu dibawah leher terlalu besar dan keras, hal ini dapat menyebabkan posisi fleksi leteral terlalu jauh dari bahu. Sebaliknya jika bantal itu kecil dan halus, hal ini dapat menyebabkan posisi fleksi lateral terlalu dekat dengan bahu. Kedua posisi itu sangat berbahaya bagi sistem saraf tulang belakang.
2. Tidur terlentang dengan beralaskan bantal 
Tidurlah dengan posisi terlentang dan posisi bantal tepat pada saat anda tidur. Anda dapat menambahkan dibawah lutut dengan tujuan agar pinggul lebih fleksibel jadi lututlah yang akan menanggung semua tekanan dari tulang belakang lumbar dan sendi sacroiliac. 
(berbagai sumber) http://www.infokesehatan.biz.id

0 komentar:

Posting Komentar